Pulau Ular


pulau-ular11Mendengar nama Ular, binatang yang satu ini, anda jangan dulu merasa takut atau trauma. Yakinlah bahwa ribuan ular yang ada di Pulau Ular ini tidaklah seseram yang anda bayangkan. Ular-ular di pulau ini sangat ramah dan bersahabat dengan manusia.

pulau-ular2Mau bukti? Kunjungilah “Pulau Ular” yang berada di Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Salah satu pulau yang berada di tengah perairan bagian timur wilayah Kecamatan Wera. Pulau ini juga bersebelahan dengan dua obyek wisata andalan daerah Kabupaten Bima, yaitu Pulau Gilibanta dan Tolowamba.

pulau-ular4Pulau ini merupakan habitat bagi populasi ular laut dengan keunikan warnanya, seperti warna putih silver dikombinasikan dengan hitam kilat. Ular-ular ini jinak dan bersahabat dengan wisatawan yang mengunjunginya.

Pulau Ular dapat dijangkau dengan jarak tempuh lebih kurang 45 menit perjalanan dari Kota Bima dengan menggunakan transportasi darat. Setelah tiba di Desa Kalo Kecamatan Wera, selanjutnya untuk menuju Pulau Ular, anda harus menggunakan perahu/sampan yang telah disediakan masyarakat sekitar dengan waktu tempuh 15 menit dari daratan.

pulau-ular3Mengunjungi obyek wisata Pulau Ular, anda juga disuguhi dengan pemandangan dan keindahan pesona Laut Bima. Dari Pulau Ular, juga anda dapat melihat Gunung Api Sangiang (http://ompundaru.wordpress.com/2009/01/18/misteri-api-sangeang/) yang terus diselimuti kabut serta keindahan pulau-pulau karang lainnya.

About these ads

33 Tanggapan to “Pulau Ular”

  1. wah, promosi lembata nih ya? kenapa gak diisi sekalian aja di wikitravel?

    btw, gw pernah ngeliat uler ijo di sekolah. temen” gw pada saling peluk”an karena takut. gw sih nggak… (bangga)
    jadi, gw siap kalo diekspor ke sana.. :D

  2. Bima Maz Diaz.. Itu di Bima. Uler Ijo..? Hmmm.. sapa tau ceritanya kebalik tuh.. Yang berpelukan Maz Diaz, temen-temennya gak.. Iya kan..?
    Wah siap di import ke Lembata yah.. Tunggu deh sebentar lagi, soalnya Maz Diaz terkenalnya masih tanggung.. hehehe… Bukunya aja laku sedikit..
    Ompu lagi ngegarap bahan postingan baru neh, mau bikin cerita tentang perburuan Ikan Paus di Lamalera. Tunggu aja..

  3. Cerita pulau ular memang unik dan menantang. apalagi bisa main main dengan sang melata. saya pernah kesana dan merasakan adrenalin menguat saat “sahabat melata” melingkar dileher. Tapi jangan lupakan cerita unik aneh pulau ular itu sendiri. Konon, itu bangkai kapal belanda terdampar berserta kru. tiang layar sekarang menjadi 2 pohon besar diatas pulau. Kru kapal menjelma jadi ular warna khas bule dan dengan setia menunggui kapal tercinta hingga kini.

    salam buat OMPU.

  4. Mas Fahry, ceritanya menarik.. Ompu dulu sewaktu masih tugas di Bima, daerah dampingannya memang di Desa Pai (Dusun Kalo, Pai, Pai Dalam dan Tengge), jadi setiap hari ada di sana, daerah-daerah tersebut masih natural banget.
    Tapi kalau cerita mengenai bangkai kapal Belanda, Ompu belum pernah dengar cerita itu. Terima kasih buat Mas Fahry yang sudah berbagi cerita.

    Salam,
    OmpuNdaru

  5. kelly ko tetap takut ya sama ular :(

  6. Tapi ular di Pulau Ular itu ramah-ramah kok.. Mungkin belum terbiasa aja yah..

  7. adhar dompu Berkata

    pulau ular sangat indah sekali kalau di lestarikan.dan di jadikan objek wisata tapi di tata dan di kelola lebih bagus lagi, terutama media transportasinya untuk ke pilau ular tsb .

  8. Terima kasih aba Adhar.. Bagaimana kabar Dompu..? Mudah-mudahan Pantai La Key masih tetap saja indah..
    Ompu juga sependapat dengan Aba Adhar, seandainya akses ke Pulau Ular lebih gampang, mungkin akan banyak lagi yang berkunjung ke sana. Sayangnya, letaknya antara Kecamatan Wera dan Kecamatan Sape.. Terlalu jauh dari pusat kota.

    Salam,
    OmpuNdaru

  9. BENEEER BGT TUCH…!!! apa yg dibilang ma ompundaru… jgn2 mz nya sendiri tuch yang berpelukan ma pohon… trz temen2nya enteng2 za tuch ngeliat si imut yg melata…, BTW mada paling phobia ma yg namanya si imut melata yang satu ni… tp pa boleh bwt, skrg sy harus ngebahas n presentasiin ttg si imut2 yg ada di pulau ular itu di dpan dosen ma temen2 kelompokq. pokok e Keep Fighting always for mbojo community…!!!

  10. Terima kasih Maya.. Semoga sukses presentasinya..

    Salam,
    OmpuNdaru

  11. salam kenal ompu. saya mau tanya mengenai pulau ular. bima, berarti di ujung pulau sumbawa yah…? apakah dekat dengan dompu…? selain itu, bagaimana mancapai pulau ular dengan transportasi umum…? adakah biro perjalanan lokal yang bisa menyediakan akomodasi dan transportasi…? maaf bila pertanyaan terlalu banyak. terima kasih atas informasinya.

  12. Salam kenal juga Ilham, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya di blog Ompu yang sederhana ini. Pulau Ular berada di Dusun Kalo Desa Pai Kecamatan Wera Kabupaten Bima, untuk mencapai ke tempat itu dibutuhkan waktu lebih kurang 2 jam, jika menggunakan kendaraan umum bisa 1/2 atau 1 kali lipat dari waktu biasa karena biasanya kendaraan umum di tengah jalan selalu menaikkan dan menurunkan penumpang. Untuk bagusnya, lebih baik menginap di hotel di Kota Bima, bisa di Hotel Lambitu atau Hotel Lila Graha (lebih murah dari Lambitu), baru cari kendaraan carteran untuk 1 hari, berangkat pagi, bisa pulang sore. Di Desa Pai belum ada penginapan, bisa menginap di rumah penduduk atau di rumah kepala desa, di sana penduduknya ramah-ramah. Kalau Biro Perjalanan untuk ke Pulau Ular, sepertinya belum ada, tapi untuk kendaraan ke sana, bisa ditanyakan pihak hotel.
    Demikian sedikit informasi semoga bermanfaat. Kalau jadi ke sana, selamat melihat keindahan ular-ular di sana.

    Salam,
    OmpuNdaru

  13. salm kenal ompundaru???
    artikel yg bagus ompu,kalau Pemda Bima bisa mempromosikan pulau ular,pasti bisa jadi tempat wisata yang unik,dan eksotis.. saya jg baru tau kalau ular laut itu bisa jinak…

    Salam…

  14. Salam kenal juga Mas Bayu,
    Selamat datang di tempatnya OmpuNdaru yang sederhana ini. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, mudah-mudahan Pemkab. Bima bisa merespon dan merespek potensi wisata yang kalo mau di sharekan kemana-mana akan menjadi suatu tempat yang menarik.

    Regards, OmpuNdaru

  15. sebenerny setaon yalu ima dah mo k pulau ular bareng keluarga tpi……eh ndak jadi,,,krn kburu balik ke lombok.

  16. Aduh sayang yah.. Tapi kan masih ada waktu lain.. Mudah-mudahan sempet yah diwaktu yang lain..

    Salam, OmpuNdaru

  17. [...] Pulau Ular 3 Votes [...]

  18. la rifi ana la sale baba jawa Berkata

    sy org bima kok ga tau yah,
    truz trang ja ,
    w br dgr crt da pulau ular d’bima ,
    w mau tlp mama w[JANU}tuk mastin da pa ga pulau tsb

  19. snake island is one of island in bima that very interesting for me and I would like visited…

  20. kalo gigit gimana ????????// hayo……..

  21. pulau ular yang ada di kecematan wera merupakan salah satu tempat wisata yang asyik dan seru karna pulau tersebut terdapat ular yang jinak, menurut penelitian apa bila ular tersebut megigit bisa yang di keluarkannya setara dengan bisa ular kobra…. bayangkan. BIsa mematikan orang.
    Ular ini tidak mengigit biar di ambil paksa dari lapisan batu karang, ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah daerah bagaimana mengelola tempat wisata sehingga turis lokal maupun mancanegara bisa berkunjung ke tempat wisata ini. kalau tempat wiasata ini di kelola dengan baik bisa menjadi pemasukan daerah dari segi pariwisata. BY FUNGSIONARIS PERSATUAN PEMUDA DAN MAHASISWA WORA (PPMW) BIMA-MAKASSAR.

  22. warman (PPMW) Bima-Makassar Berkata

    salam kenal ompu

  23. Hasanuddin AR, Berkata

    Pesona wisata yang sangat langka dan mendebarkan, ayo kunjingilah!

  24. bagimanapun juga bima ternyata memiliki pariwsata yang luar biasa yaitu dengan adanya pulau ular ini.

  25. bima mempunyai potensi alam yang luar biasa salah satunya adalah keindahan alam.ya…pulau ular yang ada di kecamatan wera,desa pai seharusnya menjadi potensi wisata yang dapat di eksploitasi dan dikelola dengan baik namun sayang keinginan masarakat wera tidak direspon secara serius oleh pemerintah kabupaten bima….saya adalah putra wera asli….trims buat ompundaru yang telah berinisiatif mempromosikan pulau ular….sukses terus bozz…

  26. aduwh,,,,,,pnasaran sma pulau ular ne,,,,,,,kpn yach ada wktu?

  27. hangga febrianto pratama Berkata

    kalau bisa akses jalan masuk di pulau ular,di perbaiki secepatnya…. karna masih banyak bebatuan di jalan masuk ke pulau ular yg membahayakan bagi pengendara motor

  28. pulau ular pulau yg sangat indah bgt,tp kurang pengunjung krn mmg jln.a yg sangat rusak.gmn crx mnrt ompu ndri spx menarik pengujung,

  29. ayock toenas samawa Berkata

    wahhhhh suguhan wisata yang sngat menakjukkan…..berasa ada di sanaaa….

  30. Q baru kali ini baca tentang history pulau ular,,
    Huumm,,,Jadi penasaran sama pulau ular itu,,padahal Q orang asli Bima jg loh,,tp belum pernah berkunjung kesana (kasihan…)….dari ceritanya Q jd kepingin bangat untuk berkunjung kesana,,
    mksh ya buat ceritanya…

  31. Hey just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the images aren’t loading properly. I’m not sure why but I think its a linking issue.

    I’ve tried it in two different internet browsers and both show the same outcome.

  32. berkunjung kepulaunya boleh,, asal jangan di bawa keluar ularnya.. ntar ntar mpe di rumah qta bisa sakit loch……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: