Diet Bukan Penyiksaan Di Tahun 2009


Menjadi kurus adalah impian semua orang, bukan hanya wanita. Laki-laki juga. Tapi kenapa sulit sekali menurunkan berat badan? Apa yang salah? Haruskah sekalinya melar dikutuk untuk tetap gemuk selama-lamanya?

Sebenarnya jauh di dalam benak kita, ada prosedur yang bisa dimanipulasi, yakni reward and punishment. Manjakanlah diri Anda sedikit saja dengan membeli barang-barang kesukaan, asal bukan makanan, setiap kali Anda berhasil menurunkan berat badan. Barang-barang itu bisa pakaian dalam incaran, dompet dan tas kulit berkelas, atau sekedar ganti ponsel. Apa pun itu, ciptakanlah mekanisme reward untuk setiap prestasi yang Anda raih. Lama-kelamaan, tanpa disadari, tubuh Anda akan menyesuaikan diri demi reward.

Sebaliknya, jangan sungkan-sungkan juga untuk memberi hukuman pada diri sendiri jika target penurunan berat badan gagal diraih. Hukuman sih terserah Anda. Toh kuncinya ada di diri Anda sendiri. Menipu diri sendiri pun juga tak ada yang tahu. Kuncinya adalah jujur pada diri sendiri. Jika gagal mencapai target, jangan memberi reward. Itu salah satu kunci sukses South Beach Diet. Selalu ada substitusi dan kompensasi untuk satu kebiasaan buruk. 

Faktor penentu berikutnya adalah motivasi. Seorang calon marinir di Korps tentara Amerika Serikat berhasil menurunkan berat badan sebanyak 70 kg dari berat semula 165 kg hanya gara-gara ia ditolak masuk marinir pada kesempatan pertama. Padahal, ia ingin meneruskan tradisi keluarganya yang mengabdi pada negara. Singkat kata, Ulysses Milana, sukses menurunkan berat badan dalam 11 bulan saja. Keluarga membantunya dengan pola latihan yang tepat. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin di atas dunia ini, kan?

Selanjutnya, jangan pernah menyiksa diri saat diet. Tidak mungkin turun 4-5 kg dalam sebulan bagi seseorang dengan berat 70-80 kg. Bikin sakit iya, bikin kurus tidak. Realistislah. Kalau 2-3 kg per bulan masih masuk di akal. Lagian, 1 bulan juga gak terlalu lama, kok. Pokoknya, kalau sudah gajian lagi, nah, sudah 1 bulan, bukan?

Lalu, belajarlah kurangi porsi makan. Kalau Anda tetap ingin mengecap coklat, makan snack, kacang-kacangan, daging dan keju, nikmati saja hal yang sama. Tetapi kurangi porsinya menjadi 4/5, lalu 3/4, lalu 2/3, sampai akhirnya setelah 3 pekan, menjadi 1/2 porsi biasanya. Jangan hilangkan sama sekali karena seperti disebutkan di atas, diet tidak boleh merupakan siksaan. Selain itu, lakukan kompensasi. Jika Anda tetap mengudap keju, permen coklat dan semua yang memberi suplai kalori besar-besaran kepada tubuh di siang hari, lakukan kompensasi, misalnya dengan hanya minum jus apel dan potongan buah saat lapar menjelang tidur.

Selanjutnya, lakukan pantauan. Beli timbangan. Bikin jurnal, misalnya di buku diary. Atau secara elektronik di blog. Kerjakan diet bersama teman sekantor supaya bisa saling mengawasi dan memberi dorongan. Ingat, kerjakanlah diet dengan gembira.

Terakhir, jadikan diet sebagai gaya hidup. Bayangkan apa hasilnya kalau Anda menjadi lebih ramping? Lebih banyak baju yang bisa dipakai, bukan? Dan lebih bisa maju ke depan umum dengan percaya diri, tidak risih lagi dipelototi banyak orang. Kalau dulu orang memandangi Anda karena lipatan-lipatan lemak di perut maka sekarang Anda jadi pusat perhatian karena ramping dan cantik.

 

7 Tanggapan to “Diet Bukan Penyiksaan Di Tahun 2009”

  1. titih dewi lestari Says:

    assalammualaikum

    tulisannya nyidir nih…atau menyindir diri sendiri..he..he..
    tapi bagus tulisannya buat motivasi orang2 yg lg diet…

  2. Waalaikum salam,
    Nyindir..? gak lah.. Buat motivasi..? Ya iyalah, masa ya iya donk..

    Salam,
    OmpuNdaru

  3. Artikel anda di

    http://diet.infogue.com/diet_bukan_penyiksaan_di_tahun_2009

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

  4. Hi there,
    Cool blog, I just stumbled on it and I’m already a fan
    I recently lost 30 pounds in 30 days, and I want to discuss my weight loss success
    with as many people as possible. I described my experience
    on my blog, and I would appreciate your comments!

    If I can lose weight then anyone else can too. Whatever you do, never give up and you WILL
    reach all your weight loss goals!
    Thanks for reading,
    Joan
    Most recent blog post: 2 diethylamino ethyl methacrylate

  5. Hii..
    Nice story.. Thank’s for visit and comment to this blog. Maybe some other time we can discuss about that.
    I will be on your blog, soon..

    Regards,
    OmpuNdaru

  6. Simply want to say your article is as astonishing.
    The clearness in your post is just great and i can assume you are an expert on this subject.
    Fine with your permission allow me to grab your RSS feed to keep up to
    date with forthcoming post. Thanks a million and please keep up
    the rewarding work.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: