Menipu Bos Di Tahun 2009


Orang Indonesia dikenal suka libur. Jadi, walau pun jatah cuti Anda cuma 7 hari, kami akan mengajari cara mengakalinya agar jij tetap bisa berlibur selama 18 hari di akhir tahun 2009. Apalagi kalau mereka yang jatah cuti tahunannya 12 hari, Anda bisa pakai 2 hari tambahan untuk menambah libur Lebaran menjadi 10 hari, ditambah 3 hari sisanya di liburan sekolah anak-anak, Juni-Juli 2009. 7+2+3=12 hari. Tapi jangan bilang-bilang bos. Simpan sendiri rahasianya rapat-rapat.

HARI LIBUR 2009. JANUARI; 1 Januari Tahun Baru (Kamis), 2 Januari Cuti Bersama (Jum’at) dan 26 Januari Imlek 2560 (Senin). FEBRUARI; No libur. MARET; 9 Maret Maulid Nabi (Senin) dan 26 Maret Nyepi Tahun Baru Saka 1931 (Kamis). APRIL; 9 April Pemilu Legislatif (Kamis) dan 10 April Jum’at Agung. MEI; 9 Mei Waisak (sabtu) dan 21 Mei Kenaikan Yesus Kristus (Kamis). JUNI; No libur. JULI; 20 Juli Isra Mi’raj Nabi (Senin). AGUSTUS; 17 Agustus (Senin). SEPTEMBER; 18 September Cuti Bersama (Jum’at), 21-22 September Idul Fitri (Senin-Selasa) dan 23 September Cuti Bersama (Rabu). OKTOBER; Kerja terus. NOVEMBER; 27 November Idul Adha (Jum’at). DESEMBER; 18 Desember Tahun Baru 1431 Hijriyah (Jum’at), 24 Desember Cuti Bersama (Kamis) dan 25 Desember Hari Natal (Jum’at). JANUARI 2010; 1 Januari Tahun Baru (Jum’at).

Kuncinya adalah mengkombinasikan jatah cuti dengan hari libur nasional. Coba kita lihat daftar hari libur Bulan Desember 2009 di atas. Tanggal 18 Desember itu hari libur nasional (Tahun Baru Hijriyah) dan jatuh pada hari Jum’at. Hari Senin 21 Desember sampai Rabu 23 Desember ambillah cuti. Tanggal 24 adalah cuti bersama dan tanggal 25 Desember Hari Natal yang jatuh pada hari Jum’at. Mengerti maksudnya? Anda sudah bisa libur selama 10 hari sampai Senin 28 Desember.

Jika Anda maruk, which is OK because greedy is good dalam dunia kapitalisme, ambil cuti lagi tanggal 28-31 Desember 2009 (4 hari), menggenapi jatah cuti sampai 7 hari. Itu berarti Anda baru akan masuk tanggal 4 Januari 2010. Berarti muka anda yang membosankan itu akan lenyap selama 18 hari penuh (termasuk Sabtu-Minggu). Pamit sama bos 17 Desember sore, baru nongol lagi 4 Januari dengan senyum lebar. Nyaris 3 pekan hilang. Kebahagiaan apalagi yang lebih besar dari itu?

Syaratnya cuma satu. Jatah cuti Anda yang 7 hari itu belum kepotong apa-apa, entah itu cuti melahirkan, cuti sakit, mengantarkan anak masuk hari pertama sekolah atau resepsi kawinan saudara di luar kota. Sebab buat yang PNS, jatah cuti tahunan Lebaran yang tahun ini berjunlah 2 hari biasanya akan dipotongkan otomatis dari jatah cuti tahunan.

Kalau jatah cuti tahunan Anda 12 hari dalam setahun, maka negara ini akan kehilangan produktivitas selama 10 hari saat Lebaran. 18 September cuti bersama. Itu Jum’at. 21-22 September Idul Fitri sesuai kalender pemerintah. 23 September cuti bersama lagi. Itu sudah hari Rabu. 24-25 Septembernya (Kamis-Jum’at) ambil cuti 2 hari lagi saja, sehingga muncul untuk silaturrahmi di kantor pada Senin 28 September 2009.

7 hari Desember + 2 hari September, masih ada sisa 3 hari untuk libur bersama anak-anak di salah satu weekend di bulan Juni-Juli. Kalau masih kurang lama maka tanggal 22 Mei masih bisa didayagunakan untuk libur.

Dengan demikian rekomendasi tanggal-tanggal cuti adalah sebagai berikut : Jum’at, 22 Mei 2009 (1 hari), Kamis-Jum’at, 24-25 September 2009 (2 hari), Senin-Rabu, 21-23 Desember 2009 (3 hari) dan Senin-Kamis, 28-31 Desember 2009 (4 hari). Madu. 

8 Tanggapan to “Menipu Bos Di Tahun 2009”

  1. titih dewi lestari Says:

    ya bagus lah kl dah tahu trik cuti yg lama..jd kn pas cutinya lama itu bisa dipake buat ngerjain “proyek besar”nya…

  2. Proyek Besar..? Insya Allah.. Ditunggu aja tanggal maennya Tih..

    Salam,
    OmpuNdaru

  3. wahahahha…..
    trik yang sedikit licik!

    konon Indonesia negara yang aling banyak hari liburnya? betul gak yah?

  4. Saya kira iya bung..

  5. Tambah lagi… usulkan…. Hari Ultah Boss dijadikan hari libur juga hari pernikahan si boss juga diusulkan hari libur. Alasannya untuk menghormati si Boss (biar tersanjung dikit) padahal…… kita hanya ingin hari liburnya! Huehehe……

  6. Setuju..
    Thank’s udah mampir..

    Salam,
    OmpuNdaru

  7. lindataway Says:

    selamat siang Bung ……orang baru berkunjung nih,,,pengen belajar.

    Bicara suka libur kaum pns……..yah mereke perlu sekali rupanya di plonco kembali untuk INTEGRITAS dan KREDIBELITASnya, …. bertanggungjawab dengan uang pajak rakyat yang dimakan tiap bulan.

    Shalom…..untuk anda dan keluarga. Semoga sukses.

  8. Selamat Siang Ibu Linda,

    Saya setuju dengan pendapat Ibu. Sepertinya di negeri ini, terlalu banyak PNS-nya, artinya terlalu banyak pekerja yang melakukan pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan oleh satu atau dua orang saja. Mungkin negeri kita ini, yang paling banyak tenaga kerja yang berstatus PNS.
    Tapi.. Mari kita lihat ke depannya. Mudah-mudahan negeri kita ini akan jaya seperti negeri-negeri yang lainnya dan para PNS bekerja sesuai dengan TUPOKSI mereka.

    Salam,
    OmpuNdaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: