Learning & Earning


To Xentala, who experience bad mood…

Apakah anda sedang dilanda kebosanan dalam pekerjaan anda? Apakah anda tidak puas dengan gaji yang anda terima saat ini? Apakah anda stress dan tidak menyenangi apa yang anda lakukan? Apakah anda tersiksa dengan apa yang menjadi aktivitas anda sehari-hari? Apa anda tertekan? Anda macet? Anda menunggu jam dinding menunjuk ke arah jam pulang kantor? Apa anda merasa gelap melihat masa depan anda? Anda bingung? Jika ada salah satu saja jawaban dari pertanyaan di atas adalah “YA” sebaiknya anda teruskan untuk membaca….

Jawabannya adalah sangat sederhana dan begitu manjur. Apakah itu ? Yaitu: LEARNING. Kadang sudah terlalu lama otak kita tidak mendapat nutrisi yang baik. Terlalu sering yang masuk dalam pikiran kita adalah: Kemarahan bos, keluhan teman, rengekan keluarga, masalah saudara, berita buruk, bencana, peperangan, gosip perceraian, dan begitu banyak GARBAGE yang kita terima begitu saja masuk ke dalam pikiran kita. Lalu, apakah ada hal baik yang masuk. Anda bisa hitung sendiri satu bulan yang lalu. Berapa persen hal baik yang masuk dalam pikiran kita? Bersyukur bila hal baik memiliki posrsi yang cukup. Selamat buat anda!

Learning adalah pangkal kesuksesan. Jika anda terus belajar, maka pikiran anda akan berkembang, anda akan memiliki ide-ide baru, anda akan mampu melihat hal yang lebih baik, anda akan mampu bertindak yang labih baik dan anda akan jauh lebih sukses bila dibanding dengan mengisi pikiran kita dengan “data-data” tak berguna. Anda boleh tidak makan dalam sehari, namun jangan sampai anda tidak belajar. Spirit belajar ini juga bisa membuat segala sesuatu menjadi memiliki arti beda. Menonton bola untuk orang yang tidak belajar, hanya berarti hiburan, namun bagi yang belajar bisa berarti ilmu bekerja sama, ilmu motivasi, ilmu bisnis dan banyak lagi kejadian yang bisa menjadi pelajaran. Jadi mulai saat ini, kita jadikan diri kita memiliki mental pembelajar. Apapun sebuah kejadian, harus memberi sumbangan pengetahuan pada diri kita. Apapun yang kita lihat harus memberikan inspirasi positive.

Sekarang coba anda telusuri apa yang sedang anda alami, lakukan, tekuni? Jika pertanyaan saya diawal memaksa anda menjawab dengan “YA” maka, cobalah untuk menemukan alasan untuk menjadi sebaliknya. Coba lihat dari sudut pandang pembelajaran. Kalau dimarahi bos, coba cari ilmunya untuk tidak dimarahi, atau bahkan di sayang. Temukan caranya, perbaiki diri dan mencoba untuk melakukan hal yang lebih baik. Kalau anda sangat didera kebosanan, maka mulai belajar menghancurkan rasa bosan dengan kreativitas anda. Rubah hal-hal rutin yang membosankan. Tata ruang, cara berpakaian, tambah beberapa variasi hiasan.

Apakah anda stagnant? Macet? Statis? Nah ini dia! Jika anda belajar anda akan menemukan jalan anda untuk melaju, anda akan menemukan keberanian anda untuk mendobrak kukungan yang melingkari anda. Learning adalah sebuah proses pencerahan diri. Apapun ilmu yang anda pelajari, maka dengan belajar akan membuat anda mengembang, sehingga rantai yang mengikat anda tak akan kuat lagi menahan.

Suatu saat saya berkunjung ke bekas kantor yang lama, yaitu sebuah pabrik. Saya masih menemui beberapa orang lama yang masih saja bekerja pada posisi yang sama. Memakai seragam dan pakaian seragamnya penuh dengan lumuran oli. Sedang beberapa orang sudah menduduki posisi yang lebih tinggi dan juga beberapa orang sudah pindah kantor. Apa yang membuat ini berbeda, adalah karena perbedaan mereka dalam learning. Mereka yang lebih giat belajar, akan otomatis lebih pesat perubahannya.

Seorang teman sempat melihat email-email saya. Luar biasa! Setiap hari saya menerima ratusan email. Baik email usaha, email persahabatan, email dari sahabat yang bertanya, maupun email-email yang saya subcribe dari beberapa situs. Wow! Setiap pagi saya terbanjiri oleh ilmu. Setiap pagi saya relakan diri saya diberi masukan hal-hal yang sudah saya pilih. OTOMATIS setiap hari saya dapat pelajaran, belum lagi ditambah ilmu saat saya berangkat dan pulang kantor, melalui radio, sebelum tidur melalui buku-buku yang saya beli. Ternyata ilmu-ilmu itu begitu membahagiakan, membuat kita merasa masih memiliki perjalanan jauh untuk ditempuh dan kehidupan serasa luas untuk diarungi.

Sahabat sukses, jika anda ingin meningkatkan penghasilan anda, maka jalan yang pertama harus ditempuh adalah belajar. Learning and then earning. Jadi mulailah selalu membiasakan diri untuk belajar, maka garansi 100% income anda akan meningkat. Membaca surat saya ini tentu juga merupakan proses learning dan saya yakin anda adalah manusia-manusia pembelajar yang dahsyat. Terima kasih. Semoga kesuksesan yang spektakuler akan segera anda miliki di tahun-tahun kedepan. Anda tidak sabar menunggu terlalu lama? Kalau begitu anda harus belajar lebih giat lagi. Setelah anda belajar maka perubahan itu seakan-akan sudah otomatis terjadi. Seperti kata learning dan earning itu sendiri yang seakan akan sama hanya beda sedikit yaitu huruf “L”.
Lets earning!
Dalam sejarah bahasa (spracht gesichte) , kita bisa melihat hubungan antara kata dengan kata yang lain, yang bisa ditemukan kesamaan makna dan hubungan. Jadi kata EARNING memiliki hubungan sangat dekat dengan LEARNING. If you want to earn, please learn! Keep learning and good earning!

12 Tanggapan to “Learning & Earning”

  1. sipp.. keep learning!

    i’m learning to cook..
    i’m learning to speak spanish..
    i’m learning to write hiragana..
    i’m learning to sing well..
    i’m learning to love books about Law..
    i’m learning to understand my religion more..

    ^^

    what will i learn tomorrow?
    what will I earn later?

  2. what will i learn tomorrow?
    what will i earn later?
    Our live will give everything that we need to learn and earn..
    We will see that tomorrow and later..

    Regards,
    OmpuNdaru

  3. WAH OMPU…. MAKASIH OMPU… NTI DIBACA AH DIRUMAH…. SKRANG LG DKAMPUS NEH OMPU LAGI BUKA WORKSHOP…..

    BEST REGARD OMPU…..

    OMPU NEVER DIES

  4. Sama-sama Xentala, semoga tidak merasa bad mood lagi dan tetap terinspirasi untuk menulis di blognya..

    Salam,
    OmpuNdaru

  5. Nice post…!!
    Buat sy mengerjakan sesuatu itu yg penting adalah ikhlas..🙂

  6. Mba’ Ririn.. Thank’s untuk pujiannya. Saya setuju dengan pendapat ikhlas itu..

    Salam,
    OmpuNdaru

  7. gw juga setuju sama ririn… ngerjain sesuatu kalo gak ikhlas ya percuma… iya tho?? tapi sayangnya, gw belom saatnya digaji… hehehe

  8. Oh.. Belum dapat gaji..? Tapi honor udah khan..?

  9. Hai!
    Blognya bagus!
    Visit saya juga dunk ya.

  10. Hai juga..
    Terima kasih, udah sempat mampir dan meninggalkan jejak..
    Ok, saya visit.. meluncur..

    Salam,
    OmpuNdaru

  11. Artikel yang sangat menarik sekali pak. Dalam setiap hal yang terjadi, kita harus menjadikannya sebagai sebuah pembelajaran & tantangan untuk menjadi lebih baik.

    Salam pembelajar

  12. Terima kasih Wiwit.
    Saya setuju dengan komentara anda.

    Salam,
    OmpuNdaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: