“ITB untuk Semua” — (Kuliah Gratis di ITB Termasuk Biaya Hidup, Batas Pendaftaran 20 April 2009 (Cap Pos)) —


Saya dan beberapa teman tengah membantu Mbak Betty Alisjahbana mengkampanyekan sebuah beasiswa baru di ITB. Namanya : “ITB untuk Semua”. Intinya, ditengah semakin mahalnya sekolah sekarang ini, ITB akan merekrut mahasiswa dari keluarga dengan ekonomi tak mampu (penghasilan kedua orangtua di bawah UMR). Semua biaya, termasuk biaya hidup di Bandung selama kuliah, akan ditanggung beasiswa.

Bagi rekan-rekan yang berminat terlibat, ada dua cara, yaitu : 1) Ikut menyebarluaskan leaflet/pengumuman beasiswa “ITB untuk Semua” sehingga bisa mencapai pelosok Tanah Air. Dengan demikian informasi ini dapat tersebar ke sebanyak mungkin anak bercita-cita tinggi, pandai, tekun, namun dari keluarga tak mampu. Leaflet dapat di-print dan disebarluaskan. (Pihak ITB sendiri akan menyebarkan leaflet versi hard copy ke sekolah-sekolah). 2) Ikut menjadi donatur. Proposal skema donasi akan disebarluaskan kemudian.

ITB untuk Semua

“Jangan urungkan untuk menggantungkan cita-citamu setinggi langit”. Pasal 31 ayat 1, Undang-undang Dasar 1945; “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. http://itbuntuksemua.com (sorry, mungkin belum aktif.

Apa Itu Program “ITB untuk Semua”?

Program “ITB untuk Semua” adalah suatu skema penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung yang secara khusus menyediakan bangku kuliah bagi para lulusan Sekolah Menegah Umum dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi (penghasilan kedua orangtua di bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat). Uang pendidikan, ongkos tempat tinggal dan biaya hidup selama menempuh kuliah di Bandung akan didanai beasiswa “ITB untuk Semua’. Sekitar 100 bangku kuliah disediakan secara khusus bagi para lulusan SMU angkatan 2009 dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.

Para calon penerima beasiswa akan mengikuti Penelusuran Minat, Bakat dan Potensi ITB (PMBP) jalur beasiswa penuh. Sebelum kuliah, para calon yang diterima akan mengikuti masa persiapan untuk membantu penyesuaian diri dengan suasana kuliah serta kehidupan di Bandung.

Selama kuliah, para mahasiswa program “ITB untuk Semua” akan mendapat Pembimbing Khusus untuk membantu menyelesaikan kendala studi dan mengatasi persoalan personal yang mungkin muncul selama menempuh kuliah di ITB. Para mahasiswa juga akan diberi kesempatan mengikuti ceramah-ceramah inspirasional, studi banding ke lokasi-lokasi penerapan teknologi tepat guna dan sebagainya. Para lulusan program “ITB untuk Semua” diharapkan kelak akan menjadi agen perubahan di daerah asal mereka.

Persyaratan

Para calon penerima beasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut : 1) Calon lulusan Sekolah Menengah Umum pada tahun ajaran 2009 (Bidang Studi IPA untuk Fakultas Sains dan Teknik). 2) Berasal dari keluarga yang tak mampu secara ekonomi (Penghasilan kedua orangtua di bawah Upah Minimum Regional setempat). 3) Memiliki prestasi akademik yang sangat baik. 4) Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah (Lebih diutamakan yang memiliki bakat memimpin). 5) Mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolah. 6) Bersedia mengikuti ujian penerimaan yang dilakukan ITB.

Bidang Studi yang Dapat Dipilih

Fakultas/Sekolah yang dapat dipilih oleh calon penerima beasiswa adalah sebagai berikut : Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF) dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

Cara Mendaftar

Kirimkan berkas formulir pendaftaran (pada bagian terakhir leaflet ini, boleh diforocopy) dengan dilengkapi dokumen sebagai berikut : 1) Fotocopy halaman depan rapor SMU dan halaman-halaman nilai (dari semester I hingga IV) yang telah dilegalisir pihak sekolah. 2) Surat Keterangan berasal dari keluarga yang secara ekonomi tak mampu dengan ditandatangani Ketua RT/RW (yang dimaksud keluarga yang secara ekonomi tak mampu adalah penghasilan kedua orangtua per bulannya di bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat. Kami akan melakukan survey lapangan secara random untuk mengetahui kondisi keluarga calon mahasiswa). 3) Surat dukungan/referensi dari Kepala Sekolah. 4) Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang menjelaskan mengapa pendaftar ingin mengikuti Program “ITB untuk Semua”. 5) Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang menggambarkan kondisi keluarga pendaftar [misalnya, menceritakan pekerjaan orangtua, kegiatan pendaftar di luar sekolah, kondisi masing-masing anggota keluarga, dan sebagainya].

Berkas pendaftaran lengkap dimasukkan amplop coklat berukuran besar dan dikirim ke :

Panitia Penerimaan Beasiswa “ITB untuk Semua”

Direktorat Pendidikan ITB

u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa/Ketua Lembaga TPB

Gd. CCAR ITB Lt. 4

Jl. Tamansari 64 Bandung.

Berkas paling lambat dikirim pada 20 April 2009 (Cap Pos).

Ujian Penerimaan

Panitia seleksi tahap awal program “ITB untuk Semua” akan melakukan penilaian berdasarkan berkas yang masuk. Penilaian meliputi : 1) Kemampuan Akademik. 2) Motivasi (dilihat dari tulisan mengapa pendaftar ingin mengikuti program “ITB untuk Semua”. 3) Kondisi keluarga (dilihat dari tulisan kondisi keluarga pendaftar). 4) Pengujian kebenaran data yang diberikan kepada pihak sekolah.

Dari hasil penilaian tersebut, panitia tahap awal akan memanggil (melalui surat) calon-calon potensial untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) jalur PMBP terpusat dan wawancara di Kampus ITB di Bandung. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi selama ujian akan disediakan oleh ITB. Ujian ini akan berlangsung pada 29 – 31 Mei 2009.

Panitia akan mengumumkan penerima beasiswa (hanya calon potensial yang diterima yang akan dikirimi surat) pada pertengahan Bulan Juni 2009. Penerima beasiswa akan berkumpul kembali di Bandung pada akhir Bulan Juni 2009 untuk mengikuti program penyesuaian diri. Pada Bulan Agustus 2009, penerima beasiswa “ITB untuk Semua” mulai mengikuti perkuliahan di ITB.

Formulir Pendaftaran

Isilah formulir pendaftaran ini dengan Huruf Kapital (Huruf Besar) seluruhnya.

  • Nama Lengkap : ………………………………………………
  • Jenis Kelamin :  L / P
  • Sekolah : ……………………………………….
  • Alamat : ……………………………………….
  • Nomor Telepon (jika ada) *) : ……………………………………….
  • Nama Orang Tua : …………………………………..
  • Pekerjaan Orang Tua : ………………………………………
  • Alamat Orang Tua : ……………………………………….
  • Nilai Rapor :

             Matematika Semester 1: …. 2: …. 3: …. 4: …. 5: …. 6: ….

             Fisika Semester 1: …. 2: …. 3: …. 4: …. 5: …. 6: ….

             Biologi Semester 1: …. 2: …. 3: …. 4: …. 5: …. 6: ….

             Kimia Semester 1: …. 2: …. 3: …. 4: …. 5: …. 6: ….

  • Kegiatan Ekstrakurikuler : ………………………………………
  • Kegiatan Lain (di luar sekolah, jika ada) : …………………..
  • Penghasilan Orang Tua (per bulan, boleh perkiraan) : ……….
  • Alamat Sekolah : ……………………………………………..
  • Nomor Telepon Sekolah : ………………………………………..
  • Bidang Studi (di ITB) yang diminati **) : …………………………

Tanda Tangan Pendaftar :

Tanda Tangan Orang Tua Pendaftar :

Tanda Tangan Kepala Sekolah :

*) Atau nomor telepon orang terdekat yang dapat dihubungi

**) Lihat di bagian persyaratan

28 Tanggapan to ““ITB untuk Semua” — (Kuliah Gratis di ITB Termasuk Biaya Hidup, Batas Pendaftaran 20 April 2009 (Cap Pos)) —”

  1. info yang menarik…tapi apakah sudah tersosialisasikan dg baik..jgn2 hanya “gaung” saj..hehehe:D

  2. Mudah-mudahan tidaklah.. Mari kita berdo’a sama-sama semoga ini adalah jalan keluar bagi anak-anak Indonesia yang punya potensi tetapi tidak punya kesempatan karena mahalnya biaya pendidikan di negeri kta tercinta ini. Bayangkan, dulu waktu saya kuliah, uang semester saya cuma Rp. 120.000,- per semester, sekarang…???. Ini juga meski saya gak bisa membantu dengan material, tetapi dengan menyebarkannya mudah-mudahan ada manfaatnya.. Semoga..

    Salam,
    OmpuNdaru

  3. Terima Kasih atas infonya bang

  4. Sama-sama, semoga sukses..

    Salam,
    OmpuNdaru

  5. saya berharap ini akan sukses

  6. Semoga Mba’.. Saya salut untuk ITB yang betul-betul mau mencari jalan bagi anak-anak yang kurang beruntung tapi berpotensi besar.

  7. wah info bagus ompu, forward aja ke bimacenter ompu. alae mboto uta aka lembata re, selamat menikmati dan sukses selalu di tempat tugas ompu…

  8. Terima kasih Uba Jelo.. Gimana kabar Mataram Uba?
    Sukses selalu juga buat Uba Jelo.

    Salam,
    OmpuNdaru

  9. mpu mau tanya kalau beasiswa untuk s2 apa ada juga

  10. Mas Fahman, Terima kasih udah berkunjung ke Blog ini. Sepertinya Beasiswa S2 belum ada tuh di Program “ITB untuk Semua”.. Mungkin pada suatu saat nanti bisa, kita tunggu saja perkebangannya.

    Salam,
    OmpuNdaru

  11. Selamat pagi Bang Ompun, senang bisa berkunjung lagi di web site nya dan mendapatkan info yang luar biasa menariknya, saya sangat beruntung berpatner dengan webnya, banyak hal-hal baru yang didapat, selain itu Info ini akan saya sebar luaskan ke yang memerlukannya di daerah Kalteng, dengan harapan orang Kalteng bisa semua mengecap pendidikan tinggi alias pintar-pintar. Okay Bang terima kasih untuk semuanya, Sukses untuk Abang.

    Regards, agnes sekar

  12. Terima kasih Ibu Agnes Sekar atas kunjungannya lagi..
    Semoga di Kalimantan Tengah ada yang beruntung mendapatkan beasiswa ini..
    Sukses selalu juga buat Ibu Agnes..

    Salam,
    OmpuNdaru

  13. info yang sangat berguna..
    aku ijin bagi2 info ini ke temen yang lain ya..

  14. Om Muhamaze, terima kasih..
    Silahkan om, mudah-mudahan ada manfaatnya.
    Sukses yah..

    Salam,
    OmpuNdaru

  15. wah wah wah .. asikk tuh .. coba semua universitas kyk gini .. mungkin indonesia bisa selangkah lebih maju🙂

  16. Mudah-mudahan mas Agung.. Semoga pada suatu saat nanti bisa seperti itu.

    Salam,
    OmpuNdaru

  17. Kabar Mataram baik-baik aja ompu, masih banyak pelecing dan ayam taliwang berkeliaran disinie, jadi pedes dan pedes aja seperti nama pulaunya Lombok gitu, semoga sehat selalu ya ompu di tempat tugas.

  18. Uba Jelo.. Wah.. meleleh air liur saya jika ingat Pelecing kangkung sama ayam taliwang itu.. Sudah lama sekali rasanya tidak pernah mencicipinya lagi. Terima kasih Uba Jelo.. Semoga Uba Jelo dan keluarga juga selalu dalam keadaan sehat. Sukses selalu.

    Salam,
    OmpuNdaru

  19. pengen jadi anak SMA lagi,..

  20. Haahh..? Pengen jadi anak SMA lagi..??

  21. assalamu ‘alaikum mas, gimana nih kaabrnya, wahh lama ga silaturahmi nih..:) salam hangat.. Dedhy Kasamuddin

  22. Waalaikumussalam Wr.Wb.
    Mas Dedhy, kabar baik-baik saja, terima kasih banyak. Juga untuk kesempatannya mampir lagi..

    Salam hangat juga,
    OmpuNdaru

  23. ILYAS ASIA Says:

    Salam kenal.. very nice..

  24. Salam kenal juga Pak Ilyas, terima kasih..

    Salam,
    OmpuNdaru

  25. Agusman Rizal Says:

    Wah… dibalik komersialisasi PTN ada juga program Beasiswanya… Salut untuk ITB.. juga buat Ompudaru… Semoga sukses ditempat kerja barunya….

  26. Pak Agusman Rizal..
    Terima kasih pak udah mampir dan berkomentar di blog sederhana ini. Sukses juga buat Pak Agusman.

    Best Regards,
    OmpuNdaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: